Sistem Pakar Identifikasi Gaya Belajar Siswa Studi Kasus : Sekolah Dasar Negeri Sumbersari 3 Kota Malang Section Artikel

2019: Seminar Informatika Aplikatif 2019

Pramana Yoga Saputra
Yushintia Pramitarini
Ahmad Rizqi Hafidhtuzzaman

Abstract

Sistem pakar identifikasi gaya belajar siswa ini merupakan suatu sistem yang dirancang sebagai alat bantu untuk mengidentifikasi gaya belajar siswa. Setiap siswa mempunyai gaya belajar yang berbeda-beda. Para pendidik  seharusnya  mengetahui  gaya  belajar  siswa  mereka  sehingga mampu  memilih  metode  pengajaran maka hasil  yang  didapat  lebih  optimal. Seorang  siswa  juga  harus  mengetahui  gaya  belajar  mereka  sendiri  dan mampu  memilih  metode  atau  cara  belajar  yang  sesuai  dengan  karakter  mereka. Siswa  akan  belajar  jika  materi  yang  disampaikan  menarik  dan  mereka menganggap penting materi tersebut. Visual-Auditorik-Kinestetik (VAK). Penarikan kesimpulan dalam sistem pakar ini menggunakan metode inferensi Naive Bayes. Sistem pakar ini akan menampilkan pertanyaan ciri-ciri gaya belajar yang dirasakan, selanjutnya sampai mendapatkan hasil akhir. Pada hasil akhir sistem pakar akan menampilkan jenis karakteristik gaya belajar yang dimiliki oleh siswa.