Sistem Pakar Identifikasi Gaya Belajar Siswa Studi Kasus : Sekolah Dasar Negeri Sumbersari 3 Kota Malang Section Artikel
2019: Seminar Informatika Aplikatif 2019
Abstract
Sistem pakar identifikasi gaya belajar siswa ini merupakan suatu sistem yang dirancang sebagai alat bantu untuk mengidentifikasi gaya belajar siswa. Setiap siswa mempunyai gaya belajar yang berbeda-beda. Para pendidik seharusnya mengetahui gaya belajar siswa mereka sehingga mampu memilih metode pengajaran maka hasil yang didapat lebih optimal. Seorang siswa juga harus mengetahui gaya belajar mereka sendiri dan mampu memilih metode atau cara belajar yang sesuai dengan karakter mereka. Siswa akan belajar jika materi yang disampaikan menarik dan mereka menganggap penting materi tersebut. Visual-Auditorik-Kinestetik (VAK). Penarikan kesimpulan dalam sistem pakar ini menggunakan metode inferensi Naive Bayes. Sistem pakar ini akan menampilkan pertanyaan ciri-ciri gaya belajar yang dirasakan, selanjutnya sampai mendapatkan hasil akhir. Pada hasil akhir sistem pakar akan menampilkan jenis karakteristik gaya belajar yang dimiliki oleh siswa.