MEDIA PEMBELAJARAN KESELAMATAN ANAK-ANAK BERBASIS VIRTUAL REALITY

2019: Seminar Informatika Aplikatif 2019

Dimas Wahyu Wibowo
Meyti Eka Apriyani
Miftahul Laila Nawangwulan

Abstract

Teknologi Virtual Reality (VR) mampu memberikan informasi secara lebih nyata dan bisa berinteraksi langsung dengan lingkungan yang ada di sekitarnya walaupun pada tampilan lingkungannya masih terlihat low poly. Promosi, pengenalan, dan pemberian informasi tentang keselamatan anak yang dilakukan oleh orang dan di SD pada umumnya masih menggunakan media gambar atau media cetak seperti spanduk. Maka dari itu, diperlukan sebuah aplikasi terbaru menggunakan teknologi yang masih jarang digunakan yaitu VR yang dapat membantu khususnya untuk anak SD kelas 1 saat berada di dalam dan di luar rumah. Pilihan scene berada di ruang tidur, kamar mandi, dan mengerjakan soal PR. Metode Fisher Yates Shuffle (FYS) diletakkan di 2D object yang berupa object jawaban. Aplikasi ini ber extensi file .apk dan beroperasi di smartphone Android minimal versi KitKat. Tampilan responsive, lucu, menarik dan performa fps tinggi (50-60). Hasil pengujian, aplikasi ini dapat lebih cepat untuk merangsang anak-anak supaya berminat tentang memahami pentingnya keselamatan diri sendiri dengan hasil ukur menggunakan range score yang bernilai huruf “Baik” (nilai angka 76-100). Secara keseluruhan, ini adalah salah satu cara untuk menjaga anak tetap aman dan cukup untuk mengajarkan anak tentang keselamatan dasar di situasi berbeda sambil tetap terhibur. Pengetahuan adalah kunci keselamatan, dan aplikasi ini menyediakan itu.. (style: abstrak)