PERAMALAN PENJUALAN SPAREPART MOTOR HONDA MENGGUNAKAN METODE TRENDMOMENT (Studi Kasus : AHASS MOTOR PARE)
2016: Seminar Informatika Aplikatif Polinema (SIAP)
Abstract
Ahass Motor Pare merupakan sebuah Unit dagang yang bergerak di bidang penjualan spare part
sepeda motor dan melayani jasa servise motor. Dimana Unit dagang ini setiap harinya harus
memenuhi kebutuhan konsumen, sehingga penjualan dan pembelian merupakan hal yang utama
dalam perusahaan tersebut. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, Ahas Motor Pare perlu
memanfaatkan teknologi informasi untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas agardapat bertahan
dan bersaing dalam usahanya.
Forecasting atau peramalan merupakan kebutuhan yang penting dalam kehidupan sehari-hari, baik
untuk meramalkan cuaca, pemasaran, memprediksi penjualan. Maka diperlukan sebuah sistem untuk
memahami dan memiliki kemampuan dalam meramalkan kondisi masa depan baik dari sisi produksi
maupun penjualan yang dibutuhkan.Salah satu metode yang digunakan dalam mengatasi
permasalahan tersebut yaitu dengan metode peramalan. Tujuan aplikasi Peramalan sparepart di ahass
motor agar dapat membantu karyawan di ahass untuk meramalkan sparepart di tahun berikutnya.
Penggunaan metode trend moment dalam meramalkan penjualan dapat di aplikasikan pada data yang
bersifat musiman sekaligus trend. Dengan menggunakan nilai level, trend, dan faktor musim serta
parameter α,ȕ,Ȗ untuk memperoleh hasil peramalan yang lebih akurat.
sepeda motor dan melayani jasa servise motor. Dimana Unit dagang ini setiap harinya harus
memenuhi kebutuhan konsumen, sehingga penjualan dan pembelian merupakan hal yang utama
dalam perusahaan tersebut. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, Ahas Motor Pare perlu
memanfaatkan teknologi informasi untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas agardapat bertahan
dan bersaing dalam usahanya.
Forecasting atau peramalan merupakan kebutuhan yang penting dalam kehidupan sehari-hari, baik
untuk meramalkan cuaca, pemasaran, memprediksi penjualan. Maka diperlukan sebuah sistem untuk
memahami dan memiliki kemampuan dalam meramalkan kondisi masa depan baik dari sisi produksi
maupun penjualan yang dibutuhkan.Salah satu metode yang digunakan dalam mengatasi
permasalahan tersebut yaitu dengan metode peramalan. Tujuan aplikasi Peramalan sparepart di ahass
motor agar dapat membantu karyawan di ahass untuk meramalkan sparepart di tahun berikutnya.
Penggunaan metode trend moment dalam meramalkan penjualan dapat di aplikasikan pada data yang
bersifat musiman sekaligus trend. Dengan menggunakan nilai level, trend, dan faktor musim serta
parameter α,ȕ,Ȗ untuk memperoleh hasil peramalan yang lebih akurat.
Copyright ©2020 Jurusan Teknologi Informasi - Politeknik Negeri Malang.
References
Anonim, 2011:Peramalan Menggunakan trend
moment. http://elektronikadasar.web.id/peramalan-dan-penjualan-
/[4 juli 2016]
Pinem,2012.Peramalan dengan metode trend
moment : http://elektronika-
dasar.web.id/peramalan-dan-penjualan-
/[18 Desember 2015]
Sugiarto & Dergibson (2002) Pengenalan
forecasting atau peramalan Http :
www.scrib.com/doc/13826849/pengenal
an-forecasting . Yogyakarta :
Universitas Gadjah Mada
moment. http://elektronikadasar.web.id/peramalan-dan-penjualan-
/[4 juli 2016]
Pinem,2012.Peramalan dengan metode trend
moment : http://elektronika-
dasar.web.id/peramalan-dan-penjualan-
/[18 Desember 2015]
Sugiarto & Dergibson (2002) Pengenalan
forecasting atau peramalan Http :
www.scrib.com/doc/13826849/pengenal
an-forecasting . Yogyakarta :
Universitas Gadjah Mada