PERAMALAN PENJUALAN SPAREPART MOTOR HONDA MENGGUNAKAN METODE TRENDMOMENT (Studi Kasus : AHASS MOTOR PARE)

2016: Seminar Informatika Aplikatif Polinema (SIAP)

Yusuf Engga Dikdawan
Hendra Pradibta
Mungki Astiningrum

Abstract

Ahass  Motor  Pare  merupakan  sebuah  Unit  dagang  yang  bergerak  di  bidang  penjualan  spare  part
sepeda  motor  dan  melayani  jasa  servise  motor.  Dimana  Unit  dagang  ini  setiap  harinya  harus
memenuhi  kebutuhan  konsumen,  sehingga  penjualan  dan  pembelian  merupakan  hal  yang  utama
dalam perusahaan tersebut. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, Ahas Motor Pare perlu
memanfaatkan teknologi informasi untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas agardapat bertahan
dan bersaing dalam usahanya.
Forecasting  atau  peramalan  merupakan  kebutuhan  yang  penting  dalam  kehidupan  sehari-hari,  baik
untuk meramalkan cuaca, pemasaran, memprediksi penjualan. Maka diperlukan sebuah sistem untuk
memahami dan memiliki kemampuan dalam meramalkan kondisi masa depan baik dari sisi produksi
maupun  penjualan  yang  dibutuhkan.Salah  satu  metode  yang  digunakan  dalam  mengatasi
permasalahan tersebut yaitu dengan metode peramalan. Tujuan aplikasi Peramalan sparepart di  ahass
motor agar dapat membantu karyawan di ahass untuk meramalkan sparepart di tahun berikutnya.
Penggunaan metode trend moment dalam meramalkan penjualan dapat di aplikasikan pada data yang
bersifat  musiman  sekaligus  trend.  Dengan  menggunakan  nilai  level, trend,  dan faktor   musim serta
parameter α,ȕ,Ȗ untuk memperoleh hasil peramalan yang lebih akurat.

References

Anonim, 2011:Peramalan Menggunakan trend
moment. http://elektronikadasar.web.id/peramalan-dan-penjualan-
/[4 juli 2016]
Pinem,2012.Peramalan dengan metode trend
moment : http://elektronika-
dasar.web.id/peramalan-dan-penjualan-
/[18 Desember 2015]
Sugiarto & Dergibson (2002) Pengenalan
forecasting atau peramalan Http :
www.scrib.com/doc/13826849/pengenal
an-forecasting . Yogyakarta :
Universitas Gadjah Mada