pengembangan sistem informasi geografis wisata sejarah mojokerto sebagai penentu jalur

2019: Seminar Informatika Aplikatif 2019

Erfan Rohadi
Budi Harijanto
Faishal Firman Hakim

Abstract

Mojokerto memiliki 62 peninggalan bersejarah, terutama dari kerajaan Majapahit, peninggalannya diantaranya makam, candi, pendopo agung dan lain-lain. Minimnya kunjungan ke beberapa tempat sejarah dikarenakan kurangnya informasi mengenai tempat wisata bersejarah di Mojokerto,maka dibuatlah sebuah Sistem Informasi Geografis (SIG) wisata sejarah Mojokerto Sebagai Penentu Jalur. SIG yang dirancang nantinya sebagai website sarana promosi tempat wisata sejarah, sistem ini  nantinya mampu menunjukkan jalur menuju tempat wisata sejrah, dan memberi informasi tempat sejarah tersebut. Data yang ada di dalam sistem dikelola oleh admin. Penggunaan metode Greedy sebagai penentu jalur untuk mencari jalan terpendek menuju tempat wisata. Algoritma Greedy pada Sistem informasi geografis wisata sejarah Mojokerto ini hanya diterpakan pada 7 tempat wisata. Sebagai penentu jalur yang lengkap dan lebih akurat penggunaan here maps sangat membantu dalam penentuan jalur yan sesungguhnya. Dalam pengujian fungsional sistem dapat berjalan lancar, penerapan algortima Greedy  sebagai penentu jalur, Ujicoba 1 selisih Here maps dengan Greedy 4122. Selisih Ujicoba 2 sebesar 648, dan Selisih Ujicoba 3 sebesar 2925. Percobaan 4,5,6 dan 7 petunjuk jalur tidak samapi ke tempat wisata(tersesat). Dari 7 kali percobaan,greedy dapat menuntukan jalur sebanyak 3 kali, dan 4 percobaan lainnya tersesat, jadi algoritma greedy memiliki tingakt kesalahan dalam menentukan jalur termasuk cukup besar.  Dibandingkan dengan penerapan Here maps, Greedy dapat menemukan jarak paling minimum karena jumlah titik atau node yang dijumlahkan tidak sebanyak pada Here maps.Greedy menghitung persimpangan (node) yang sudah di daftarkan membandingakn titik dicari yang paling minimum dan ditarik garis lurus