sistem pemeringkat berdasarkan opini masyarakat pengguna maskapai penerbangan indonesia

2019: Seminar Informatika Aplikatif 2019

Ridwan Rismanto
Dhebys Suryani
Khoirun Nisa' Fitrotul Jannah

Abstract

Perkembangan transportasi udara mengalami perkembangan pesat, hal Ini dapat dibuktikan melalui banyaknya perusahaan atau maskapai penerbangan yang melayani jasa penerbangan mulai dari rute domestik maupun internasional dan peningkatan jumlah penumpang pesawat semakin bertambah tiap tahunnya. Peningkatan jumlah penumpang membuat perusahaan-perusahaan penerbangan bersaing untuk menarik penumpang sebanyak-banyaknya membuat pihak perusahaan dan tidak memenuhi hak-hak penumpang yang sebagaimana mestinya perusahaan berikan. Dalam suatu perusahaan maskapai penerbangan, penilaian masyarakat dapat digunakan sebagai tolok ukur kepuasan konsumen pada layanan yang diberikan. Dengan adanya penilaian masyarakat terhadap suatu maskapai penerbangan dapat digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan dan untuk masyarakat, penilaian yang telah ada dapat menjadi pertimbangan untuk memilih suatu maskapai yang akan digunakan. Penilaian dapat diambil dari Umpan balik dari penumpang dapat diambil dari komentar pada suatu video di youtube dengan menggunakan metode Rating System Based On Adjectives.