SISTEM INFORMASI PERAMALAN (FORECASTING) PENJUALAN MOTOR HONDA MENGGUNAKAN METODE TREND MOMENT PADA DEALER HONDA KARTIKA SARI CELAKET BERBASIS WEB

2019: Seminar Informatika Aplikatif 2019

Dimas Wahyu Wibowo
Elok Nur Hamdana
Ravid Ardiansyah Nanda Ilhami

Abstract

Honda merupakan salah satu produsen sepeda motor yang mengeluarkan teknologi baru dalam sepeda motor . Honda memiliki tiga tipe motor, antara lain : matic, bebek dan sport dan berbagai tipe motor. Dealer honda Kartika Sari Celaket berkeinginan untuk terus berkembang dan memenangkan pangsa pasar. Terkadang dalam proses penjualan, mengakibatkan adanya permintaan barang yang berlebih dari barang yang distok. Permasalahan tersebut dapat mengakibatkan kurangnya stok barang dan hilangnya peluang untuk mendapatkan keuntungan.


Dalam penelitian ini menggunakan metode Trend Moment sebagai metode peramalannya. Data yang gunakan adalah jumlah data dari tahun 2015 sampai tahun 2018. Setelah proses peramalan dilakukan selanjutnya proses pengujian peramalan dilakukan dengan cara perhitungan MAPE (Mean Absolute Percentage Error). Hasil peramalan penjualan motor dengan jenis matic, bebek dan sport, mendapatkan hasil  MAPE 16.12%, jenis bebek mendapatkan hasil MAPE 26.8%, dan jenis Sport mendapatkan hasil MAPE 34.38%. Dan untuk Type Beat memiliki tingkat error dari hasil MAPE sebesar 21.04%, untuk Type Scoopy sebesar 34.38%, untuk Type Vario sebesar 17.21%, untuk type Supra sebesar 28.52%, untuk type Revo 58.89%, untuk type CB sebesar 60.92%, dan untuk type CBR sebesar 38.81%.


Kata kunciTrend Moment, Mean Absolute Percentage Error, Penjualan Motor Honda.