IMPLEMENTASI ANALISA KERANJANG BELANJA GUNA MENENTUKAN PAKET PRODUK DENGAN ALGORITMA FP-GROWTH

2019: Seminar Informatika Aplikatif 2019

Deddy Kusbianto P
Ahmadi Yuli Ananta
Wildi Baktiar Dwi Syah Nanda

Abstract

Setiap pedagang atau pemilik tempat usaha harus dapat menemukan strategi agar tempat usahanya mampu bertahan dan terus berkembang. Keinginan konsumen dalam membeli suatu produk memang sangat beragam. Ada pembeli yang gemar membeli produk yang telah dipaket, tetapi ada juga pembeli yang membeli produk yang mendapat diskon, dan masih banyak lagi. Keragaman perilaku konsumen dalam memilih barang yang ingin dibeli tentunya menjadi permasalahan tersendiri bagi para penjual jika ingin meningkatkan penjualannya. Algoritma FP-Growth sendiri merupakan hasil perbaikan dari algoritma Apriori. FP-Growth membangkitkan struktur data tree atau yang lebih dikenal sebagai frequent pattern tree. FP tree memerlukan dua kali scanning database untuk menentukan frequent itemset sehingga membuatnya lebih efisien dibandingkan Apriori. Hasil dari association rules menggunakan FP-Growth dijadikan rekomendasi bagi para penjual/retailer dalam memberikan paket penjualan barang bagi konsumennya.