PENGEMBANGAN GAME EDUKASI 2D PLATFORMER “PETUALANGAN RAMA SINTA” BERBASIS ANDROID
2016: Seminar Informatika Aplikatif Polinema (SIAP)
Abstract
Indonesia memiliki keanekaragaman bentuk kebudayaan, salah satunya adalahkisah-kisah pewayangan yang
memiliki pesan moral yang tersirat di setiap kisahnya. Salah satu kisah pewayangan yang ada adalah kisah Rama dan
Sinta. Untuk melestarikan kisah tersebut dapat memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini yaitu smartphone.
Smartphone telah menjadi salah satu kebutuhan masyarakat, dengan memanfaatkan perkembangan teknologi tersebut
maka dibuatlah permainan berbais android agar menjadi sebuah hiburan sekaligus memberikan pengetahuan tentang
kisah Rama dan Sinta.
Dalam penelitian ini dibuat permainan edukasi 2D platformerberbasis android yang memberikan pengetahuan
tentang kisah Rama dan Sinta. Dalam proses pembuatannya, permainan ini dirancang dengan menggunakan Unity
Game Engine. Metode yang digunakan adalahSimple Additive Weighting yang diimplementasikan pada bos musuh
setiap level dalam menentukan tingkah laku terbaik yang akan dilakukan.
Hasil dari penelitian ini yaitu gam Petualangan Rama Sinta memiliki tampilan gameplay yang menarik dan
membuat proses pengetahuan tentang kisah Rama dan Sinta dengan sangat menyenangkan sehingga user dapat
mengetahui kisahnya dengan jelas, hal ini dapat dilihat dari prosentasi jawaban setiap pengguna atau responden
terhadap pertanyaan kuisioner.
memiliki pesan moral yang tersirat di setiap kisahnya. Salah satu kisah pewayangan yang ada adalah kisah Rama dan
Sinta. Untuk melestarikan kisah tersebut dapat memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini yaitu smartphone.
Smartphone telah menjadi salah satu kebutuhan masyarakat, dengan memanfaatkan perkembangan teknologi tersebut
maka dibuatlah permainan berbais android agar menjadi sebuah hiburan sekaligus memberikan pengetahuan tentang
kisah Rama dan Sinta.
Dalam penelitian ini dibuat permainan edukasi 2D platformerberbasis android yang memberikan pengetahuan
tentang kisah Rama dan Sinta. Dalam proses pembuatannya, permainan ini dirancang dengan menggunakan Unity
Game Engine. Metode yang digunakan adalahSimple Additive Weighting yang diimplementasikan pada bos musuh
setiap level dalam menentukan tingkah laku terbaik yang akan dilakukan.
Hasil dari penelitian ini yaitu gam Petualangan Rama Sinta memiliki tampilan gameplay yang menarik dan
membuat proses pengetahuan tentang kisah Rama dan Sinta dengan sangat menyenangkan sehingga user dapat
mengetahui kisahnya dengan jelas, hal ini dapat dilihat dari prosentasi jawaban setiap pengguna atau responden
terhadap pertanyaan kuisioner.
Copyright ©2020 Jurusan Teknologi Informasi - Politeknik Negeri Malang.
References
Anonim. Ramayana:Kisah Cinta Rama dan Sinta.
[Online] Tersedia:
http://www.ceritapopuler.com/2014/08/rama
yana-kisah-cinta-rama-dan-sinta.html [29
November 2015]
Fithratu Al Laili, Chalimi. (2015): Rancang Bangun
Video Game Third Person Shooter 3D
Monster Boat Attack. Malang: Politeknik
Negeri Malang
Ghazali, Zulfikar. (2014): Rancang Bangun Game
Edukasi Petualangan si Badol. Kalimantan
Barat: Universitas Tanjungpura
Pratama, Ade. (2013): Pembuatan Game 2D “Basket
Warrior” Menggunkan Framework Orthello
Dengan Unity Engine Untuk Platform
Android. Yogyakarta: Sekolah Tinggi
Manajemen Informatika dan Komputer
Amikom
Sastrowardojo,Trajono. 1987. Rama dan Sinta.
Jakarta: Balai Pustaka
Vivi Kuswidyawati, Erlinda dan Santoso, Galih.
(2012): Perancangan dan Pembuatan Game
Desktop Rama dan Sinta. Malang:Politeknik
Negeri Malang
Wahyu Oktapura, Alif.2014.Sistem Pendukung
Keputusan Kelayakan Pemberian Kredit
Motor Menggunakan Metode Simple Additive
Weighting Pada Perusahaan Leasing Hd
Finance. Semarang:Universitas Dian
Nuswantoro.
[Online] Tersedia:
http://www.ceritapopuler.com/2014/08/rama
yana-kisah-cinta-rama-dan-sinta.html [29
November 2015]
Fithratu Al Laili, Chalimi. (2015): Rancang Bangun
Video Game Third Person Shooter 3D
Monster Boat Attack. Malang: Politeknik
Negeri Malang
Ghazali, Zulfikar. (2014): Rancang Bangun Game
Edukasi Petualangan si Badol. Kalimantan
Barat: Universitas Tanjungpura
Pratama, Ade. (2013): Pembuatan Game 2D “Basket
Warrior” Menggunkan Framework Orthello
Dengan Unity Engine Untuk Platform
Android. Yogyakarta: Sekolah Tinggi
Manajemen Informatika dan Komputer
Amikom
Sastrowardojo,Trajono. 1987. Rama dan Sinta.
Jakarta: Balai Pustaka
Vivi Kuswidyawati, Erlinda dan Santoso, Galih.
(2012): Perancangan dan Pembuatan Game
Desktop Rama dan Sinta. Malang:Politeknik
Negeri Malang
Wahyu Oktapura, Alif.2014.Sistem Pendukung
Keputusan Kelayakan Pemberian Kredit
Motor Menggunakan Metode Simple Additive
Weighting Pada Perusahaan Leasing Hd
Finance. Semarang:Universitas Dian
Nuswantoro.