PENGEMBANGAN GAME EDUKASI 2D PLATFORMER “PETUALANGAN RAMA SINTA” BERBASIS ANDROID

2016: Seminar Informatika Aplikatif Polinema (SIAP)

Inandiastya Herinda Putri
Dyah Ayu Irawati
Ridwan Rismanto

Abstract

Indonesia  memiliki keanekaragaman bentuk kebudayaan,  salah satunya adalahkisah-kisah pewayangan  yang
memiliki pesan moral yang tersirat di setiap kisahnya. Salah satu kisah pewayangan yang ada adalah kisah Rama dan
Sinta.  Untuk  melestarikan  kisah  tersebut  dapat  memanfaatkan  perkembangan  teknologi  saat  ini  yaitu  smartphone.
Smartphone telah menjadi salah satu kebutuhan masyarakat, dengan memanfaatkan perkembangan teknologi tersebut
maka dibuatlah permainan berbais android agar menjadi sebuah hiburan sekaligus memberikan pengetahuan tentang
kisah Rama dan Sinta.
Dalam penelitian ini dibuat permainan edukasi 2D platformerberbasis android yang memberikan pengetahuan
tentang kisah Rama dan Sinta. Dalam proses pembuatannya, permainan ini dirancang dengan menggunakan  Unity
Game Engine. Metode yang digunakan adalahSimple Additive Weighting  yang diimplementasikan pada bos musuh
setiap level dalam menentukan tingkah laku terbaik yang akan dilakukan.
Hasil  dari  penelitian  ini  yaitu  gam Petualangan  Rama  Sinta  memiliki  tampilan  gameplay yang  menarik  dan
membuat  proses  pengetahuan  tentang  kisah  Rama  dan  Sinta  dengan  sangat  menyenangkan  sehingga  user  dapat
mengetahui  kisahnya  dengan  jelas,  hal  ini  dapat  dilihat  dari  prosentasi  jawaban  setiap  pengguna  atau  responden
terhadap pertanyaan kuisioner.

References

Anonim. Ramayana:Kisah Cinta Rama dan Sinta.
[Online] Tersedia:
http://www.ceritapopuler.com/2014/08/rama
yana-kisah-cinta-rama-dan-sinta.html [29
November 2015]
Fithratu Al Laili, Chalimi. (2015): Rancang Bangun
Video Game Third Person Shooter 3D
Monster Boat Attack. Malang: Politeknik
Negeri Malang
Ghazali, Zulfikar. (2014): Rancang Bangun Game
Edukasi Petualangan si Badol. Kalimantan
Barat: Universitas Tanjungpura
Pratama, Ade. (2013): Pembuatan Game 2D “Basket
Warrior” Menggunkan Framework Orthello
Dengan Unity Engine Untuk Platform
Android. Yogyakarta: Sekolah Tinggi
Manajemen Informatika dan Komputer
Amikom
Sastrowardojo,Trajono. 1987. Rama dan Sinta.
Jakarta: Balai Pustaka
Vivi Kuswidyawati, Erlinda dan Santoso, Galih.
(2012): Perancangan dan Pembuatan Game
Desktop Rama dan Sinta. Malang:Politeknik
Negeri Malang
Wahyu Oktapura, Alif.2014.Sistem Pendukung
Keputusan Kelayakan Pemberian Kredit
Motor Menggunakan Metode Simple Additive
Weighting Pada Perusahaan Leasing Hd
Finance. Semarang:Universitas Dian
Nuswantoro.