Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing untuk Menentukan Minat Belajar Pada Aplikasi Senao Berbasis Android

2020: Seminar Informatika Aplikatif Polinema (SIAP) - 2020

Jabaruddin Basith Maulana Endarta
Dimas Wahyu Wibowo
Septian Enggar Sukmana

Abstract

Pembelajaran daring adalah pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi berupa elektronik. Pembelajaran daring sendiri disebabkan oleh perkembangan teknologi yang sangat pesat. Salah satu akibat yang ditimbulkan apabila ada pembelajaran daring adalah mahasiswa tidak mengetahui minat belajar pada materi yang dipelajari. Logikanya adalah apabila muncul pembelajaran daring, akan memungkinkan minat belajar mahasiswa meningkat dikarenakan mahasiswa dapat memilih materi yang ingin dipelajari dimana saja dan kapan saja. Kemungkinan karena kurangnya metode pembelajaran secara efektif dan mudah. Kekurangan metode pembelajaran secara efektif dan mudah dapat disebabkan oleh belum adanya aplikasi pembelajaran daring yang dapat membuat dan meningkatkan minat belajar mahasiswa. Inilah yang membuat minat belajar mahasiswa belum diketahui dan akhirnya tidak dipedulikan sebagian besar mahasiswa.


Oleh karena itu diperlukan aplikasi berbasis android bernama senao yang dapat membantu mahasiswa dalam mengetahui minat belajar, salah satunya dengan menggunakan dan menerapkan metode pembelajaran role playing. Dengan menggunakan metode pembelajaran role playing membuat aplikasi senao berbasis android dapat menghitung minat belajar mahasiswa.


Hasil minat belajar pada pengujian yang telah dilakukan yaitu didapatkan bahwa pengujian pada hasil penerapan metode pembelajaran role playing data 1 memiliki nilai minat belajar 4%, nilai persentase indeks belajar 83,7%, nilai peningkatan pemecahan masalah pada materi 0,59 dan nilai keefektifan media pembelajaran 1,18.