Penerapan Market Basket Analysis Pada Data Penjualan Menggunakan Algoritma Pincer Search

2020: Seminar Informatika Aplikatif Polinema (SIAP) - 2020

Syilvia Windy Kharisma Putri
Imam Fahrur Rozi
Hendra Pradibta

Abstract

Dewasa ini, pertumbuhan swalayan semakin meningkat sehingga menimbulkan persaingan. Mekar Swalayan merupakan swalayan yang digunakan untuk penelitian ini. Selama ini, data penjualan swalayan hanya digunakan untuk perhitungan laba rugi dan sisa hasil usaha. Padahal dari data penjualan tersebut dapat digunakan untuk strategi penjualan seperti diskon. Namun pemberian diskon pada swalayan ini dilakukan secara manual tanpa melihat keterkaitan antar barang. Market Basket Analysis merupakan salah satu teknik yang digunakan untuk menganalisis produk manakah yang dibeli oleh pelanggan secara bersamaan dengan melakukan analisis terhadap daftar transaksi. Salah satu metode yang digunakan untuk Market Basket Analysis yaitu Algoritma Pincer Search yang merupakan pengembangan dari Algoritma Apriori. Algoritma ini menggunakan dua pendekatan yaitu bottom up dan top down. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil rule terbanyak pada support dan confidence sebesar 1% yang menghasilkan 28 rule. Semakin tinggi minimum support dan minimum confidence yang digunakan maka rule yang dihasilkan semakin sedikit. Serta hasil akurasi metode ini sudah bagus dikarenakan hasil rule telah mencapai lift ratio yaitu lebih atau sama dengan 1. Begitu pula jika semakin tinggi minimum confidence yang digunakan maka akurasi lift ratio yang dihasilkan akan semakin kecil.


Kata kunci—Market Basket Analysis, Algoritma Pincer Search