PENERAPAN METODE DESIGN THINKING PADA PERANCANGAN USER INTERFACE APLIKASI KOTAKKU

2020: Seminar Informatika Aplikatif Polinema (SIAP) - 2020

Refly Ilham Syabana
Pramana Yoga Saputra
Anugrah Nur R

Abstract

Katering merupakan salah satu bisnis yang berkembang pesat di Indonesia, yaitu bisnis makanan yang bergerak dibidang jasa boga. Berdasarkan riset yang dilakukan peneliti menggunakan kuesioner online berada di Kota Malang, 86% hasil kuesioner tersebut merasa kesulitan dalam pencarian catering dari sisi informasi makanan, harga yang cocok dan lain-lainnya, dimana dulu informasi pencariannya didapatkan dari orang-orang terdekat, sosial media, dan internet. Untuk mengatasi hal itu diusulkan membuat user interface catering bernama “Kotakku” dengan pendekatan Design Thinking. Design Thinking merupakan metode penyelesaian masalah yang berfokus pada pengguna atau user, lalu untuk tahap testing menggunakan usability testing dengan aspek learnability dan satisfaction dengan pendekatan System Usability Scale. Pengujian yang dilakukan menggunakan aspek learnability mempresentasikan kemudahan pengguna dalam menggunakan aplikasi Kotakku dan untuk aspek satisfaction mendapatkan nilai 74,3 dengan penilaian adjective ratings berada diatas “Good” dan dibawah “Excellent” serta berada pada grade “C” dan Acceptable. Dari hasil tersebut responden berhasil menyelesaikan beberapa task yang diberikan serta memberikan sebuah feedback untuk aplikasi yang diajukan, sehingga pengguna bisa menyelesaikan tujuannya dalam menggunakan aplikasi Kotakku yaitu mencari dan memesan sebuah katering di Kota Malang.