PROTOTYPING GO-FOOD BERDASARKAN EVALUASI PENGALAMAN PENGGUNA DENGAN METODE HEURISTIC EVALUATION

2020: Seminar Informatika Aplikatif Polinema (SIAP) - 2020

Brilyandika Rizky Andhana
Pramana Yoga Saputra
Muhammad Shulhan Khairy

Abstract

Go-Food adalah salah satu layanan pesan antar makanan terbesar di Indonesia. Pada proses pemanfaatannya, ditemukan beberapa permasalahan usability pada Aplikasi Go-Food seperti masih ada kesulitan saat memilih makanan dikarenakan informasi ketidaksesuaian menu makanan, hingga tidak jadi memesan atau pindah ke aplikasi kompetitor.Rekomendasi perbaikan User interface dan User Experience Aplikasi Go-Food beserta hasil evaluasi dan analisis keduanya merupakan tujuan dari penelitian ini. Metode evaluasi yang digunakan adalah Heuristic Evaluation (HE) yang merupakan metode untuk menemukan masalah usability  dalam User interface dengan menggunakan 3 - 5 evaluator untuk memeriksa dan menilai masalah sesuai dengan prinsip-prinsip usability yang berlaku. Perbaikan dilakukan berdasarkan severity rating.Dari hasil penelitian masih ditemukannnya masalah pada hasil iterasi oleh evaluator dari redesign yang dibuat terdapat masalah berjumlah  24 temuan dari 10 prinsip heuristik Nielsen.