Sistem Pakar Klasifikasi Kecanduan Gadget Menggunakan Teori Arthurt T. Hovart Dengan Metode Naive Bayes Classifier Untuk Anak Sekolah Dasar

2020: Seminar Informatika Aplikatif Polinema (SIAP) - 2020

Mardiana Putri Sasmita
Luqman Affandi
Agung Nugroho Pramudhita

Abstract

Gadget memiliki nilai dan manfaat tersendiri di kalangan orang tertentu. Gadget tidak hanya menimbulkan dampak negatif bagi anak, namun juga ada dampak positif, diantaranya dalam pola pikir anak yaitu membantu anak dalam mengatur kecepatan bermainnya, mengolah strategi dalam permainan. Namun ketika anak menggunakan gadget dalam waktu yang terlalu lama dapat menyebabkan kecanduan.  Kecanduan gadget dibagi menjadi 3 yaitu, kecanduan tingkat ringan, tingkat sedang, dan tingkat berat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu mencegah tingkat kecanduan gadget terhadap anak secara dini. Sehingga orang tua bisa mengontrol tingkat penggunaan gadget pada anak. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuisioner dari 2 Sekolah Dasar di kota Malang. Dari data kuisioner tersebut, telah dibagi menjadi data training dan data testing untuk proses klasifikasi kecanduan. Dari data kuisioner akan dilakukan klasifikasi menggunakan metode naive bayes agar tingkat kecanduan dapat terklasifikasi. Penelitian yang menggunakan metode naive bayes ini berhasil melakukan klasifikasi dengan akurasi kebenaran adalah sebesar 86,67%.


Kata kunci Gadget, Kuisioner, Naive Bayes