Aplikasi Chatbot untuk Reservasi Pijat Bayi dengan Metode Cosine Similarity

2020: Seminar Informatika Aplikatif Polinema (SIAP) - 2020

Achmad Fadhli Shobirin
Dwi Puspitasari
Arief Prasetyo

Abstract

Salah satu pelaku usaha yang bekerja di bidang kesehatan yaitu Mamina Mom and Baby Treatments menggunakan media sosial versi WhatsApp Business untuk memenuhi kebutuhan dalam merespon pelanggan. Fitur yang dimiliki oleh media sosial versi tersebut berbeda dengan yang versi personal, contohnya seperti deskripsi bisnis, lintas jawab cepat, jawab otomatis ketika pergi atau bisnis sedang tutup, jawab otomatis untuk menyapa, tetapi pelaku usaha mengaku kurang tanggap dan butuh alat tambahan untuk merespon pelanggan dengan cepat terlebih kalau bisa otomatis. Artinya meskipun media sosial tersebut memiliki fitur untuk mendukung suatu bisnis, tetapi masih belum bisa membantu pemilik usaha untuk merespon pesan dari sekian banyak pelanggan yang semakin hari semakin meningkat. Oleh karena itu, perlu adanya Chatbot dengan penerapan Natural Language Processing untuk mengenali pesan yang masuk dan memberikan jawaban seperti bahasa manusia dan bisa aktif selama 24 jam, ditambah dengan pembobotan TF-IDF untuk mengetahui nilai konteks suatu dokumen atau pesan yang masuk, kemudian dihitung dengan metode pencari kesamaan suatu dokumen yaitu seperti Cosine Similarity dan Dice Similarity untuk menemukan mana jawaban yang tepat dari pertanyaan yang mirip. Dengan adanya metode – metode tersebut Chatbot diharapkan dapat membalas pertanyaan tidak hanya cepat dan otomatis, tetapi juga tepat sesuai dengan informasi jawaban yang diinginkan pelanggan.