Rancang Bangun Sistem Informasi e-Payment Menggunakan RFID (Radio Frequency Identification) Berbasis Website

2020: Seminar Informatika Aplikatif Polinema (SIAP) - 2020

Muchammad Iqbal Arief Pradana

Abstract

Kemajuan ilmu pengetahuan tentang teknologi dan informasi di era sekarang ini sangatlah pesat baik dibidang Industri maupun dibidang Pemasaran. Saat ini dibidang pemasaran masih menggunakan pembayaran uang dalam bentuk fisik, mengakibatkan susahnya pengembalian uang lebih dan panjangnya antrian  konsumen sehingga diperlukan metode pembayaran yang praktis dan cepat untuk mempersingkat waktu dalam transaksi. Pada kantin JTI Politeknik Negeri Malang terdapat permasalahan seperti yang ada diatas.


     Maka dari itu dilakukannya penelitian “Rancang Bangun Sistem Informasi e-Payment Menggunakan RFID (Radio Frequency Identification) Berbasis Websitemenggunakan metode Kriptografi Algoritma RSA. Agar pada kantin JTI Politeknik Negeri Malang tidak terjadi permasalahan antrian yang panjang dan proses transaksi yang lama.


     Sistem Informasi e-Payment ini didukung dengan model algoritma RSA yang merupakan algoritma enkripsi maupun dekripsi dalam kriptografi. Teknik ini digunakan untuk mengkonversi data kedalam bentuk kode-kode tertentu yang bertujuan agar informasi tidak dapat terbaca oleh orang lain kecuali orang yang berhak.


      Pada metode Kriptografi Algoritma RSA terbukti dari hasil pengujian yang dilakukan, metode RSA ini berjalan dengan baik untuk mengamankan data customer. Hasil dari perancangan sistem informasi menggunakan RFID ini terbukti dapat mempermudah dalam proses transaksi dan dapat di aplikasikan di kehidupan nyata