Penerapan Metode TF-IDF untuk Chatbot pada Sistem Informasi Pelayanan Percetakan Online

2020: Seminar Informatika Aplikatif Polinema (SIAP) - 2020

Joshua Davian Kristanto
Dimas Wahyu Wibowo
Moch. Zawaruddin Abdullah

Abstract

              Pesatnya perkembangan teknologi dalam bidang perekonomian di Indonesia berdampak besar terhadap kegiatan bisnis yang dilakukan oleh para pelaku usaha. Banyak pelaku usaha yang memanfaatkan perkembangan teknologi untuk menunjang usaha mereka. Sebagai hasilnya, banyak dari usaha-usaha yang telah mengalami digitalisasi, sehingga proses jual-beli produk bisa dilakukan secara online. Customer Service merupakan profesi yang berfungsi untuk memberikan informasi kepada user atau customer mengenai produk usaha atau pelayanan yang ditawarkan oleh sebuah tempat usaha. Customer Service diharapkan dapat memberikan informasi yang jelas dan akurat sesuai dengan pertanyaan yang diajukan oleh customer. Pada umumnya, customer service tidak bisa merespon pertanyaan dari customer secara tepat waktu. Karena adanya jam kerja tertentu yang ditetapkan tiap tempat usaha sehingga customer service tidak bisa merespon pertanyaan dari user setiap waktu.


            Berdasarkan dari permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah sistem chatbot yang dapat merespon setiap pertanyaan dari user tanpa terikat batas waktu tertentu. Hasilnya adalah chatbot dapat memberikan informasi yang akurat mengenai apa yang ditanyakan oleh customer. Pada penelitian ini digunakan metode TF-IDF dan Cosine Similarity. Algoritma TF-IDF berfungsi untuk memberikan bobot/weight pada setiap dokumen jawaban yang tersedia dalam database. Dilanjutkan dengan algoritma Cosine Similarity untuk mengukur kesamaan antara input dari customer dengan data jawaban yang ada di sistem. Sistem kemudian memberikan respon berdasarkan tingkat kesamaan tertinggi sehingga customer bisa memperoleh informasi yang mereka inginkan.