Sentiment Analysis Terhadap Object Wisata Alam Kota Malang Di Instagram Dan Facebook Menggunakan Metode Naive Bayes Dan Support Vector Machine

2020: Seminar Informatika Aplikatif Polinema (SIAP) - 2020

Gunawan Budi Prasetyo
Habibie Ed Dien
Dikta Afif Rahman Prasetyo Prasetyo

Abstract

Perkembangan teknologi sangat cepat di era globlalisasi ini membuat banyaknya muncul seperti Instagram dan Facebook. Dengan adanya media sosial seperti Instagram dan pengguna Facebook dapat saling bertukar informasi. Pengguna media sosial dapat mengunggah informasi tanpa batasan. Dari informasi data yang di unggah di media sosial oleh pengguna Instagram dan Facebook dapat memberikan hasil dari lokasi wisata alam terdapat di kota Malang melalui komentar yang diberikan pengguna. Akan tetapi dianalisa sampel objek wisata tersebut sangat tidak mungkin jika analisa secara manual. Untuk masalah tersebut di buatlah sebuah sistem yang dapat menganalisa dari komentar dari objek wisata alam tersebut berdasarkan lokasi wisata.


Dari komentar pengguna Instagram dan Facebook dapat diambil melalui proses scraping dan mengolahnya menjadi text mining. Setelah diolah komentar tersebut di kelompokkan menggunakan algoritma Support Vector Machine dan Naive Bayes.Dengan kedua metode tersebut bisa di gunakan untuk perbandingan manakah hasil akurasi yang terbaik untuk penelitian ini. Hasil keluaran dari sistem berupa tingkat akurasi dari kedua metode tersebut berdasarkan ke-dua media sosial tersebut. Data pelatihan untuk Instagram sebanyak 725, sedangkan untuk pengujian sebanyak 273. Data pelatihan untuk Facebook sebanyak 682, sedangkan untuk pengujian sebanyak 231. Berdasarkan Hasil penghitungan sangat bergantung dengan keberadaan data pada data pelatihan. Semakin sedikit pengujian data yang tidak memiliki area dengan pelatihan data maka semakin kecil akurasinya. Malah, semakin banyak pengujian data yang memiliki konten dengan pelatihan data maka semakin besar akurasinya, jadi hasil nilai yang dicapai pada ke-dua metode yaitu Naive bayes75% pada media sosial Instagram dan 60% pada media sosial Facebook sementara  Dukung Vetor Machine 60% pada media sosial Instagram dan 55% pada media sosial Facebook.