SISTEM INFORMASI PENJADWALAN D4 JURUSAN TEKNOLOGI INFORMASI di POLINEMA MENGGUNAKAN METODE RULE BASE GENERATOR

2020: Seminar Informatika Aplikatif Polinema (SIAP) - 2020

Imam Fahrur Rozi
Noprianto Noprianto
Karuniafani Syah Putra Pratama

Abstract

Seminar proposal adalah sebuah tahapan akhir penentuan kelulusan bagi setiap mahasiswa pada sebuah perguruan tinggi sebelum sidang Tugas Akhir/Skripsi . sejauh ini penyusunan jadwal seminar proposal dan seminar proposal Tugas Akhir /Skripsi masih dikerjakan secara manual oleh panitia seminar proposal maupun panitia ujian akhir. dengan penyusunan jadwal yang masih manual tersebut, kemungkinan kesalahan yaitu bentrok pada jadwal masih cukup tinggi tergantung ketelitian dan efisiensi penyusun jadwal pada saat periode semnar proposal dengan peserta yang cukup banyak dan harus berdasarkan group riset, karena masih manual tentunya akan membutuhkan waktu tidak sedikit untuk koordinasi dalam penyusunan jadwal seminar proposal.


Permasalahan mengenai penjadwalan dapat diselesaikan dengan menggunakan metode rule base generator, hal ini dikarenakan rule base generator dapat diimplementasikan pada sistem penjadwalan yang memiliki aturan yang komplek, algoritma ini akan dimodelkan dan diimplementasikan dalam sistem pembuatan jadwal seminar proposal secara terkomputerisasi sehingga dalam proses pembuatan jadwal seminar proposal diharapkan tidak akan terjadi kembali permasalah yang berulang disetiap tahunnya.


Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, hasil akurasi sistem penjadwalan menggunakan metode rule based generator yaitu 100%, dengan menghitung jumlah total benar dibagi jumlah benar ditambah jumlah kesalahan, kemudian dikalikan dengan 100%. Hal itu dikarenakan untuk membuktikan bahwa akurasi sistem menggunakan metode rule based generator dapat diterapkan pada sistem penjadwalan.