PENGEMBANGAN ANALISIS SENTIMEN PADA TWITTER UNTUK LAYANAN OJEK ONLINE MENGGUNAKAN RULE BASED

2020: Seminar Informatika Aplikatif Polinema (SIAP) - 2020

Dwi Puspitasari
Dian Hanifuddin Subhi
Beby Novia Putri Lovenida

Abstract

Ojek online terus berupaya memberikan pelayanan terbaik untuk memuaskan pelaggan mereka seperti memberikan sejumlah diskon di layanan yang ada ataupun memberikan jenis pelayanan yang baru. Dengan perkembangan di setiap layanan, membuat minat masyarakat terhadap Gojek dan Grab semakin tinggi. Apresiasi  juga sering diberikan terhadap dua perusahaan ojek online tersebut. Media social merupakan wadah masyarakat untuk mengaspresiasi Gojek dan Grab, baik berupa pujian, saran maupun kritik. Salah satu media social yang menjadi wadah apresiasi adalah twitter. Opini yang disampaikan pelanggan melalui akun resmi twitter Gojek yakni @gojekindonesia dan Grab yakni @GrabId bisa dijadikan alat ukur kepuasan pelanggan terhadap layanan ojek online di kedua penyedia layanan ojek online tersebut dengan menganalisis twitter mereka. Opini yang berupa komentar pelanggan akan di Analisa, apakah opini tesebut bisa di klasifikasikan menjadi positif, negative ataupun netral. Analisis sentiment ini menggunakan rule based untuk mengukur klasifikasi opini pelanggan. Data yang digunakan yakni 1000 tweet. Pengujian dilakukan menggunakan k-fold cross validation dengan hasil akurasi klasifikasi rule based ini mendapatkan akurasi terbaik 79%,Precision terbaik 100%, Recall terbaik 80% dan f-measure terbaik 79%