Implementasi Game Kuis Tebak Tangga Nada Jawa Dengan Metode Fisher-Yates Shuffle dan Fuzzy Tsukamoto Berbasis Android ABSTRAK Section Artikel

2020: Seminar Informatika Aplikatif Polinema (SIAP) - 2020

Ahmadi Yuli Ananta
Kadek Suarjana Batubulan
Kharis Ramdani Zulkarnain Suwantoko

Abstract

Zulkarnain, Kharis Ramdani. “Implementasi Game Kuis Tebak Tangga Nada Jawa Dengan Metode Fisher-Yates Shuffle dan Fuzzy Tsukamoto Berbasis Android”. Pembimbing: (1) Ahmadi Yuli Ananta, ST., M.M.  , (2) Kadek Suarjana Batubulan, S.Kom, MT


 


Skripsi, Program Studi Teknik Informatika, Jurusan Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Malang, 2020.


 


            Titi laras merupakan tangga nada yang digunakan pada jenis alat musik karawitan (gamelan) yang merupakan salah satu seni kebudayaan Jawa Timur dan Jawa Tengah. Karena kesenian merupakan salah satu unsur budaya yang bersifat universal, maka kesenian tersebut perlu dilestarikan.FisherYates merupakan teknik pengacakan pada soal sehingga soal yang keluar akan berbeda dan bisa dihasilkan tanpa pengulangan dan duplikasi. Fuzzy Tsukamoto merupakan metode yang digunakan dalam pengambilan keputusan untuk menentukan skor pada akhir kuis. Untuk menentukan berapa nilai tertinggi dalam kuis adalah dengan cara menghitung x ꞊ waktu dan x ꞊ nilai, proses perhitungan dilakukan dengan cara menghitung variabel-varibel Fuzzy Logic yang telah ditentukan. Dari penelitian ini dapat ditemukan bahwa Fisher-Yates mampu menentukan solusi pengacakan yang tidak berganda dan pengacakan objek yang variatif. Fuzzy Tsukamoto memiliki akurasi yang cukup baik  antara perhitungan berdasarkan sistem dan perhitungan secara manual, meskipun tidak menunjukan hasil yang 100% sama pada masing-masing perhitungan. Rentan nilai antara perhitungan sistem dengan perhitungan manual mempunyai rentan yang berbeda pada setiap nilainnya.


 


Kata kunci: Titi Laras, Fisher-Yates, Fuzzy Tsukamoto, Aplikasi Android.