Sistem Pakar Perencanaan Usaha Peternakan Ayam Petelur Untuk Calon Peternak Baru Menggunakan Metode Dempster Shafer (Studi Kasus Cv. Mitra Mega Satwa)

2020: Seminar Informatika Aplikatif Polinema (SIAP) - 2020

Kharisma Dwiky Primadana

Abstract

Hampir semua orang pasti telah mengenal telur ayam ras. Telur ayam ras  termasuk salah satu sumber protein hewani dengan harga yang relatif terjangkau oleh berbagai kalangan. Beternak ayam ras petelur komersial dapat menjadi peluang bisnis yang menguntungkan.


Pada kemajuan teknologi yang terus berkembang, menuntut peternak menggunakan yang akan mempermudah dan mengurangi risiko – risiko yang tidak diinginkan pada usaha peternakan kedepannya, yang sering terjadi pada calon peternak baru. Permasalahan yang sering terjadi pada calon peternak baru yaitu tidak mengetahui jenis dan kebutuhan pakan, kandang, dan ayam apa saja yang akan dipakai pada saat usaha. Seiring berjalannya usaha, peternak perlu mengetahui pengeluaran dan pendapatan agar dapat menghitung dengan mudah berapa anggaran yang dibutuhkan.


Penulis akan membuat sistem yang dapat menyelesaikan beberapa masalah yang sering terjadi pada calon peternak baru. Sistem akan dapat menentukan jenis kebutuhan pakan, kebutuhan kandang, kebutuhan ayam, menghitung keuntungan, serta dapat memprediksi tingkat keberhasilan usaha.


Hasil dari penelitian ini didapat hasil perhitungan sistem dengan akurasi 90% yang berarti sistem ini dapat membantu calon peternak baru untuk melakukan perencanaan usaha peternakan ayam petelur menggunakan metode dempster-shafer dengan melihat dari faktor resiko yang timbul dari kasus sampai muncul hasil kemungkinan tertinggi dari analisa modal. Sistem ini juga telah di uji coba oleh beberapa user dan hasilnya dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini dapat membantu calon peternak.