SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN BERBASIS ONTOLOGI UNTUK PEMILIHAN PEMAIN SESUAI ROLE PADA TIM PUBG MOBILE MENGGUNAKAN METODE ANP

2020: Seminar Informatika Aplikatif Polinema (SIAP) - 2020

Adam Kurnia

Abstract

Pada proses pemilihan pemain pada tim PUBG Mobile ­non-proffesional yang terdiri dari 4 orang masih dilakukan dengan melihat statistik Kill/Death Ratio tanpa mengetahui role apa yang biasanya dimainkan. Artinya dalam satu tim belum tentu setiap pemain mengetahui peran apa yang akan mereka mainkan. Setiap role sendiri memiliki kriteria dan subkriteria yang sama namun intensitas dan kepentingannya yang berbeda. Pada penelitian ini dibuat sistem pendukung keputusan untuk membantu pembobotan kriteria dan subkriteria hingga menghasilkan ranking pemain guna mencari pemain yang sesuai dengan role yang dimainkan. Kelebihan Analytical Network Process (ANP) adalah setiap kriteria, subkriteria dan alternatif saling berhubungan dan memiliki hubungan timbal balik. Adapun kriteria dalam menentukan pemilihan pemain yaitu teknik, komunikasi tim, dan attitude. Metode pengujian sistem yang digunakan pada penilitian ini untuk dapat menguji funsionalitas sistem menggunakan Blackbox dan untuk pengujian metode ANP sendiri dengan membandingkan nilai yang dihasilkan saat perhitungan manual dengan hasil pada sistem yang telah dibuat. Pada pengujian yang dilakukan terhadap setiap role, didapatkan hasil tingkat total akurasi sebesar 97%.