VIDEO GAME THIRD PERSON SHOOTER 3D MONSTER BOAT ATTACK

2015: Seminar Informatika Aplikatif Polinema (SIAP)

Chalimi Fithratu Al Laili
Mungki Astiningrum

Abstract

Video game dapat dijadikan sebagai media pembelajaran, termasuk pembelajaran tentang lingkungan laut. Dewasa
ini, permintaan akan video game yang lebih realistis dan karakter virtual cerdas dalam game meningkat. Metode
Simple Additive Weighting (SAW) dianggap mampu meningkatkan kecerdasan Non Player Character (NPC)
bertipe enemy sebagai pengembangan dari fitur pathfinding pada Unity game engine. Maka dari itu, dibuatlah
video game Third Person Shooter 3D bernama Monster Boat Attack sebagai media pembelajaran tentang
lingkungan laut dengan menggunakan metode SAW untuk memberi kecerdasan buatan pada NPC. Pengujian yang
telah dilakukan menunjukkan bahwa penggunaan video game Third Person Shooter 3D Monster Boat Attack
sebagai media pembelajaran tentang lingkungan laut mendapat tingkat kepuasan pengguna sebesar 81,5%. Metode
SAW untuk meningkatkan kecerdasan NPC dalam video game ini mendapat tingkat kepuasan pengguna sebesar
81%. Dengan demikian, penggunaan video game yang dilengkapi teknologi kecerdasan buatan menggunakan
metode SAW dinilai menjanjikan sebagai media pembelajaran tentang lingkungan laut.

References

Babbie, Earl. 2013.
“The Practice of Social Search”
.
Wadsworth: Cengage Learning.
Chandler, Heather Maxwell. 2013. The Game
Production Handbook. Burlington: Jones &
Bartlett Learning.
Greenpeace. 2014. Monster Boats The Scourge of
The Oceans. [Online] Tersedia:
http://www.greenpeace.org/australia/PageFiles/
643010/GP
_
monsterboats
_
report.pdf. [11
Desember 2014]
Majid, Nur Kholis, et all. 2010.
“Distribusi Gaussian
Perilaku Tarung NPC Prajurit pada Game
Peperangan Menggunakan Metode Box-Muller”
.
Digilib ITS
Meisadri & Indriani. 2013.
“Pembangunan Game
First Person Shooter 3D Alien Hunter”
. Jurnal
Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA).
2(1), 1
Novak, Jeannie. 2012. Game Development Essentials
Third Edition. New York: Delmar.
Simonds, Ben. 2013. Blender Master Class. USA:
William Pollock.
Tzeng & Huang. 2011. Multiple Attribute Decision
Making: Methods and Applications. Boca Raton:
CRC Press