Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Work Order Menggunakan Pieces Frameworks

2021: Seminar Informatika Aplikatif Polinema (SIAP) 2021

Kris Aditya Dwi Darmawan
Deddy Kusbianto Purwoko Aji
Rizky Ardiansyah

Abstract

Untuk mengetahui apakah sistem informasi Work Order Android berjalan sebagaimana mestinya, maka diperlukan proses evaluasi terhadap kinerja dari sistem informasi tersebut. Evaluasi sistem informasi dapat dilakukan dengan cara yang berbeda dan pada tingkatan yang berbeda, tergantung pada tujuan evaluasinya. Dalam melakukan kegiatan analisis dan evaluasi sistem informasi terdapat beberapa metode atau model analisis yang dapat digunakan salah satunya adalah model analisis PIECES Framework. Untuk mempermudah evaluasi, ditawarkan cara analisis dengan kerangka PIECES yang menguraikan ke dalam 6 fokus analisis kelemahan yaitu Performance, Information and Data, Economy, Control and Security, Eficiency dan Service. Tujuan penelitan ini untuk mengukur tingkat kepuasan mengetahui kekuatan dan kelemahan dan menganalisis komponen- komponen apa saja yang perlu ditingkatkan kualitas pelayanannya yang terdapat pada sistem informasi Work Order Android. Adapun data primer yang didapatkan berasal dari penyebaran kuesioner kepada 20 orang pengguna sistem informasi Work Order Android untuk mendapatkan tingkat kepentingan dan tingkat kepuasan pengguna. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa Berdasarkan metode analisis PIECES didapatkan nilai tingkat kepuasan dari masing-masing domain yaitu domain Performance memperoleh skor 4,43, domain Information and Data memperoleh skor 4,5, domain Economics memperoleh skor 4,53, domain Control and Security memperoleh skor 4,3, domain Efficiency memperoleh skor 4,46 dan domain Service memperoleh skor 4,04.